Sebelum Membeli, Kenali Apa Saja Fungsi Microwave

Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi microwave untuk memanggang atau memanaskan makanan. Namun, tahukah Anda bahwa microwave memiliki fungsi lain yang dapat membantu Anda dalam memasak? Nah, sebelum Anda memutuskan untuk membeli microwave, ada baiknya Anda mengetahui apa saja kegunaan dari alat tersebut sehingga nantinya Anda dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Microwave merupakan jenis oven yang menggunakan radiasi gelombang mikro untuk memanaskan makanan.  Microwave biasanya memiliki frekuensi 2.450 MHz dan panjang gelombang sekitar 12,24 cm. Saat menggunakan microwave, molekul air, gula, dan lemak dalam makanan dapat menyerap gelombang tersebut. Saat itulah, molekul-molekul cair dalam makanan akan saling bertumbukan dan menghasilkan panas. Proses itulah yang disebut dengan pemanasan dialektrik.

Mengembalikan Kesegaran dan Kerenyahan Sereal atau Keripik

Fungsi pertama dari microwave adalah untuk mengembalikan kesegaran dan kerenyahan tekstur sereal atau keripik. Caranya hanya dengan memanaskan sereal atau kripik dalam microwave selama 30 detik, sereal atau keripik Anda akan renyah kembali.

Mengembalikan Kesegaran Roti

Terkadang, roti yang didiamkan berhari-hari akan menjadi kering dan tidak segar. Anda tidak perlu khawatir karena dengan microwave, roti yang Anda beli kemarin dapat kembali fresh dan lembut. Caranya adalah dengan membungkus roti dengan kain yang agak basah, kemudian panaskan dalam microwave selama 10 sampai 15 detik.

Merebus Kentang

Selain berfungsi untuk memanaskan makanan, microwave ternyata dapat digunakan untuk merebus kentang. Caranya adalah dengan meletakkan kentang dalam plastik yang dapat disegel. Berilah sedikit air pada plastik tersebut, kemudian masak dalam microwave selama kurang lebih sampai 6 menit.

Mengupas Bawang Putih

Fungsi microwave lainnya yang tidak banyak orang tahu adalah dapat mengupas bawang putih. Hanya dengan memanaskan bawang putih dalam microwave selama beberapa detik, Anda sudah dapat memotong bawang putih tersebut dan tidak perlu repot-repot mengupasnya.

Baca Juga :  Aplikasi Perekam Layar Terbaik pada Smartphone

Memanggang Kacang-Kacangan dalam Waktu Singkat

Manfaat lain dari microwave adalah dapat memanggang kacang-kacangan dalam waktu yang lebih singkat. Yang perlu Anda lakukan hanyalah meletakkan kacang di atas piring, kemudian masak dalam microwave selama satu menit. Setelah itu, aduk kacang tersebut, kemudian masak kembali. Ulangilah cara tersebut selama 5 menit hingga kacang matang secara merata.

Mendapatkan Perasan Jeruk yang Lebih Banyak

Dengan microwave, Anda juga bisa mendapatkan perasan jeruk yang lebih banyak. Caranya adalah memanaskan jeruk terlebih dahulu dalam microwave selama kurang lebih 20 detik. Setelah itu, peraslah jeruk dalam sebuah wadah.

Memasak Ikan

Fungsi lainnya adalah untuk memasak ikan. Apabila Anda ingin memasak ikan dengan microwave, cukup bungkus ikan dengan kertas aluminium, kemudian tambahkan beberapa bumbu, seperti garam, merica, dan jeruk nipis. Kemudian, masukkan ikan tersebut dalam microwave dan panaskan selama 2 menit dengan suhu panas tinggi.

Memasak Daging Asap

Selain untuk memasak ikan, Anda juga bisa memasak daging asap dengan microwave. Caranya adalah dengan meletakkan daging asap pada sebuah wadah yang beralaskan handuk kertas. Kemudian, letakkan handuk kertas lainnya di baian atas sebagai penutupnya. Setelah itu, masukkan dalam microwave dan panaskan selama kurang lebih dua menit.

Melelehkan Cokelat, Butter, atau Keju

Untuk melelehkan ketiga bahan makanan tersebut, Anda tidak perlu menggunakan double boiler. Anda hanya perlu memasukkannya dalam microwave, seketika cokelat, butter, dan keju akan meleleh.

Memudahkan Memotong Bawang Bombai

Apakah Anda pernah atau sering menangis ketika memotong bawang bombai? Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa memanaskan bawang bombai terlebih dahulu dalam microwave selama 30 detik. Jangan lupa pula membuang bagian atas dan bawah bawang bombai sebelum dipanaskan dalam microwave.

Itulah beberapa fungsi microwave yang dapat Anda gunakan. Sebelum memutuskan untuk membeli microwave, pastikan bahwa Anda sudah menelusuri spesifikasinya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Aplikasi Fitness Penghitung JarakLari untuk Teman Olahraga Anda